SMKN 2 PURWAKARTA

Cerdas, Inovatif, dan Antusias

BISNIS CENTER SMKN 2 PURWAKARTA

Pengertian Business Center

Perilaku dan sikap wirausaha tidak bisa dipisahkan untuk menjadikan lebih sempurna karena kedua-duanya memiliki karakteristik yang berbeda. Sikap itu cara pandang dan pola pikir, sedangkan perilaku adalah tindakan dari kebiasaan atas kebenaran yang ia pegang teguh. Perilaku juga disebut sebagai langkah dan tindakan yang ia lakukan untuk menghadapi dan menyiasati pekerjaan sehari- hari. Meskipun sikap dan perilaku berbeda, keduanya masuk menjadi karakteristik wirausaha. Perilaku juga dapat disebut sebagai langkah dan tindakan yang ia lakukan untuk menghadapi dan menyiasati pekerjaan sehari-hari Hendro, 2011: 166. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa perilaku wirausaha adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh siswa yang mencerminkan karakterisktik dan ciri-ciri seorang wirausaha yaitu percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil risiko dan suka tantangan, kepemimpinan, keorisinilan, berorientasi ke masa depan. Ciri-ciri wirausaha tersebut dijadikan indikator yang digunakan untuk melihat sejauh mana siswa yang mengikuti praktik bisnis di Business Center berperilaku wirausaha.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan, bidang usaha, atau usaha dagang. Sedangkan Center dalam kamus Bahasa Inggris- Indonesia “Center” yang berarti “Pusat, bagian tengah, atau pokok” John. M. Echol Hasan Shadily, 2005: 104. Jadi apabila disatukan pengertian Business Center adalah pusat usaha atau pusat perusahaan. Tim Jurnalis SMK 1 Garut yang dikutip dalam Business Center di SMK Negeri 1 Garut-Toserba Patriot menyebutkan bahwa Business Center merupakan tempat untuk melakukan kegiatan usaha dagang dengan melibatkan unsur pendidikan sesuai dengan kompetensi keahlian yang relevan dan dapat dilaksanakan pada satu kompetensi keahlian atau kombinasi beberapa kompetensi keahlian yang saling melengkapi. Selain itu, DPSMK dalam Ibnu Siswanto 2015 menambahkan bahwa Business Center adalah kegiatan usaha sekolah di SMK bisnis dan manajemen dimana siswa secara langsung melakukan kegiatan perdaganganretail. Keuntungan yang didapatkan dapat menambah sumber pendapatan sekolah untuk keberlangsungan kegiatan pendidikan. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Business Center adalah suatu tempat yang dijadikan wadah atau tempat untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru di lingkungan sekolah. Di Business Center ini siswa melakukan praktik kewirausahaan dan mempelajari mengenai sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha.