SMKN 2 PURWAKARTA

Cerdas, Inovatif, dan Antusias

AKHIRNYA BISA PKL LAGI....

SMKN 2 PURWAKARTA
04 Desember 2021  | Admin | pendidikan

Praktik Kerja Lapangan yang selanjutnya disebut PKL adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di DUDI dan/atau lapangan kerja lain untuk penerapan, pemantapan, dan peningkatan kompetensi. Pelaksanaan PKL melibatkan praktisi ahli yang berpengalaman di bidangnya untuk memperkuat pembelajaran dengan cara pembimbingan peserta didik saat praktik kerja lapangan.

Penyelenggaraan PKL merupakan bagian dari pelaksanaan pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang melibatkan masyarakat, khususnya dunia kerja, tujuan utamanya selain untuk memperkuat penguasaan kompetensi teknis sesuai dengan Kompetensi Keahliannya juga dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik menghayati dan mengamalkan untuk menginternalisasi nilai-nilai positif “keduanikerjaan”, dalam rangka membangun pribadi peserta didik yang berkarakter. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), khususnya pada Pasal 6 yang menyatakan bahwa “Penyelenggaraan PPK pada Satuan Pendidikan jalur Pendidikan Formal dilakukan secara terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuier, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Untuk tahun ajaran 2021/2022 Kompetensi Keahlian  Bisnis Daring dan Pemasaran kembali akan melaksanakan PKL,secara offline atau di tempat kerja,  setelah tahun ajaran kemarin  melakukan PKL/PSG secara daring.  Dan akan melakukan PKL lebih awal dari Kompetensi Keahlian yang lain karena permintaan dari dunia kerja. PKL akan di laksankan di PT Akur Pratama Toserba Yoyga, sebanyak 107 siswa di terima di perusahaan tersebut termasuk 10 siswa Alfa Class,  titipkan dulu untuk sementara sambil menunggu kepastian PKL dari pihak Alfa supaya tidak tercecer di kelas.

Pemberangkatan dilakukan secara bertahap, tahap pertama tanggal 6 Desember 2021 sebanyak 1 kelas, yakni kelas XI BDP 1 dan pemberangkatan kedua tanggal 3 Januari 2022 sebanyak 2 kelas yakni kelas XI BDP 2 dan XI BDP 3, PKL akan di laksanakan selama 6 bulan. Untuk kelas XI BDP 1 selamat melaksanakan PKL, jangan lupa untuk selalu menjaga nama baik sekolah, dan nama baik diri sendiri.

Penulis
Santi Sriwahyuning Thiat, S.Pd
Ketua Kompetensi Keahlian Bisnis Daring Dan Pemasaran