SMKN 2 PURWAKARTA

Cerdas, Inovatif, dan Antusias

Kegiatan Seru di Penghujung Oktober ‘21

SMKN 2 PURWAKARTA
02 Nopember 2021  | Admin | pendidikan

Purwakarta- SMK Negeri 2 Purwakarta menyelenggarakan kegiatan Workshop Kewirausahaan dengan tema “Trend Digital Marketing dalam Penguatan Produk Kreatif” yang diselenggarakan mulai tanggal 27 Oktober sampai dengan 28 Oktober 2021. Menurut  Ketua Pelaksana Bapak Soni Wibawa M.Kom, bahwa workshop ini diikuti oleah siswa-siswi SMK Negeri 2 Purwakarta dengan jumlah peserta sekitar ±60 orang dari setiap kompetensi keahlian yang bertujan untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha dikalangan siswa dan siswi SMK Negeri 2 Purwakarta.

Apa perbedaan Digital Marketing dan Tradisional Marketing?

Dalam Tradisional Marketing pemasar tidak melakukan interaksi publik,karena dengan interaksi publik dinilai lebih mahal dan menggunakan alat bantu seperti printer dalam mencetak pamplet, backdrop atau melalui broadcast dan telepon, untuk berinteraksi langsung dalam periode yang terbatas. Sedangakan Digital Marketing identik dengan murah dan efektif karena menggunakan fasilitas yang sangat maju (internet) dan dibantu oleh teknologi yang dapat dijangkau oleh publik dan mudah untuk pelanggan memberi feedback dari layanan yang diberikan oleh perusahaan. Sumber Chole & Damanik (2018), berpendapat dalam penelitiannya mengenai Digital Marketing and Sosial Media menyampaikan beberapa media yang digunakan sebagai pendukung kegiatan Digital Marketing seperti Ponsel, Sosial Media, Search Engine Marketing (SEM) dan Text Massage.

Pemasaran ibarat darah dalam kehidupan, usaha tanpa pemasaran maka sulit untuk hidup. Sebagai upaya mendorong siswa/pelajar pelaku usaha dapat mengetahui cara pengelolaan usaha yang baik melalui pemasaran yang efektif, MGMP PKK SMK Negeri 2 Purwakarta melakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan (Workshop) bagi para siswa/pelajar hususnya siswa SMK Negeri 2 Purwakarta yang sedang menjalankan usaha. Kegiatan   Pelatihan (Workshop) Kewirausahaan dilaksanakan secara tatap muka namun dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Pada pelaksanaan workshop hari ke-2 Kamis, 28 Oktober 2021 di pandu oleh Wirausahawan Muda Kang Indra Apriana yang memaparkan materi tentang Produk Kreatif Digital & Marketing. Apa itu Digital Marketing? Digital marketing adalah suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital dengan memanfaatkan platform media sosial atau internet. Ditengah-tengah pemaparan materi, beliau mengatakan kata-kata motivasi “kalau memang kita bisa, tidak membebani orangtua dengan melakukan kegiatan digital marketing kenapa tidak kita lakukan”.

Salah satu peserta Workshop Abdul Jabbar Muzakki siswa kelas XII RPL 1 mengatakan omset hasil usaha digital marketing yang sudah dilakukan menjadi Dropship Online (bukalapak, Shopee, Tokopedia dll) rata-rata penghasilannya 3-5 juta/bulan.  Dari penghasilannya tersebut dia bisa memenuhi kebutuhannya sendiri  tanpa  harus meminta kepada orangtuanya.

Akhir kata penulis berharap kegiatan ini tetap menjadi agenda sekolah untuk selalu diselenggarakan, untuk memotivasi siswa bahwa penggunanaan media digital dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Tak lupa ucapan terima kasih kepada donatur, PT. Yakult Indonesia dan Yudhistira yang telah berpatisipasi dalam kegiatan Workshop.

Penulis : Lilis Aisah Yuniarti, S.Pd

Staf Kurikulum SMKN 2 Purwakarta