SMKN 2 PURWAKARTA

Cerdas, Inovatif, dan Antusias

Meningkatkan Kompetensi Perilaku Siswa Melalui Pelatihan Soft Skills

SMKN 2 PURWAKARTA
29 Desember 2021  | Admin | pendidikan

SMK sebagai salah satu jenjang pendidikan menengah dituntut untuk dapat mempersiapkan angkatan kerja muda yang terampil, siap untuk bekerja, mampu membangun dan mengembangkan bisnisnya serta mampu berkompetensi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal tersebut merupakan pilihan karir yang bisa ditempuh oleh siswa SMK setelah mereka lulus.

Untuk dapat berhasil dalam pilihan karirnya, tentu banyak yang harus mereka siapkan. Salah satunya adalah kecakapan dalam bersikap dan berperilaku. Bahkan menurut informasi yang didapatkan dari beberapa HRD yang telah menjalin kerjasama dengan SMKN 2 Purwakarta, yang menjadi pertimbangan utama perusahaan dalam menerima atau pun mempromosikan pegawai adalah kompetensi perilakunya (Soft Skills), setelah itu baru kompetensi teknis (Hard Skills). Secara definisi, Soft Skills (Kompetensi Perilaku) adalah Kemampuan mengelola diri sendiri dan mengelola hubungan dengan orang lain.

Sejak Tahun 2018, SMKN 2 Purwakarta merupakan salah satu sekolah di Jawa Barat yang mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan Pelatihan Soft Skills sebagai bagian dari Program Skilled Youth. Program Skilled Youth adalah program yang dimiliki oleh Indonesia Business Links (IBL) yang bekerja sama dengan Citibank Indonesia serta didukung penuh oleh Citi Foundation. Tujuan dari Program Skilled Youth adalah untuk mempersiapkan Angkatan kerja muda dalam rangka mengurangi pengangguran muda di Indonesia.

Sebagaimana ketentuan dari pihak IBL, Training Soft Skills ditujukan untuk kelas 12 dengan jumlah kuota tertentu. Sehubungan dengan masa pandemi, untuk tahun 2021 pelatihan dilaksanakan secara on line. Jumlah siswa yang mengikuti Pelatihan Soft Skills adalah 50 orang yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 31 Maret 2021 dan gelombang ke 2 sebanyak 25 orang yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 21 Desember 2021. Siswa yang menjadi peserta adalah perwakilan dari setiap kompetensi keahlian. Ada 14 topik yang diberikan untuk pelatihan soft skills tahun ini, yaitu :

  1. Pendahuluan
  2. Nilai Diri
  3. Menumbuhkan dan Menjaga Sikap Positif
  4. Tanggung Jawab Pribadi
  5. Membangun Kepercayaan Diri
  6. Citra Diri dan Kesan Pertama yang Positif
  7. Memahami dan Mengelola Emosi
  8. Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain
  9. Menyikapi Kritik / Masukan
  10. Mengelola Tekanan
  11. Berfikir Kreatif dan Inovatif
  12. Menetapkan Sasaran / Tujuan
  13. Manajemen Waktu
  14. Penutup

 

Teknis penyapaian topik terhadap peserta pelatihan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pada saat mengikuti TOT (Training Of Trainer), yaitu melalui simulasi, diskusi, pemaparan topik, tugas individu, tugas kelompok, presentasi dan refleksi.

Semoga melalui kegiatan pelatihan soft skills ini, para siswa yang menjadi peserta akan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, yang kemudian melekat dalam dirinya, tumbuh menjadi karakter diri sehingga memiliki kekuatan mental dan kesiapan dalam menghadapi berbagai tantangan dalam menjalani hidup di masyarakat dan dalam meraih karir yang di cita-citakannya. Semoga di tahun mendatang akan lebih banyak lagi siswa yang memperoleh kesempatan untuk dapat mengikuti pelatihan soft skills.

Oleh : Lesti Ruslianti, S.Pd.