SMKN 2 PURWAKARTA

Cerdas, Inovatif, dan Antusias

WORKSHOP Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Administrasi dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

SMKN 2 PURWAKARTA
24 Nopember 2021  | Admin | pendidikan

Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital.

Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri.

Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.

Dalam rangka pengembangan kompetensi yang telah dilakukan oleh guru dan tenaga administrasi sekolah, SMK Negeri 2 Purwakarta menyelenggarakan kegiatan Workshop TIK.

 

Kegiatan ini bertujuan antara lain agar guru dan tenaga administrasi sekolah mampu membuat video pembelajaran yang interaktif untuk guru SMK Negeri 2 Purwakarta dan mampu mengintegrasikan dokumen-dokumen antara satu dengan yang lainnya untuk tenaga administrasi sekolah yang baik, Workshop TIK ini dimulai tahun 2020, yang berfokus pada pemberian materi mengenai perencanaan pengembangan pemanfaatan TIK bagi guru dan tenaga administrasi sekolah, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif pada guru dan tenaga administrasi sekolah untuk mendorong siswa-siswi mengembangkan penggunaan TIK yang telah dijalankan.

Workshop TIK ini akan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Purwakarta, Jln. Jend. A. Yani 98, Nagritengah, Purwakarta pada tanggal 22-24 November 2021. Pelaksanaan Workshop TIK akan terus ditingkatkan kualitasnya dalam rangka memberikan motivasi pengembangan penggunaan TIK di kalangan guru dan tenaga administrasi sekolah dan menciptakan budaya penggunaan TIK yang lebih baik.

Soni Wibawa, M.Kom.

(Waka Kurikulum SMKN 2 Purwakarta)